Meningkatnya Partisipasi Pemilih tahun 2019, Anggaran Bantuan Partai dirasa kurang.

BLAMBANGAN UMPU WAY KANAN

Negeri Besar News: Blambangan Umpu – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Way Kanan, melaksanakan sosialisasi penggunaan dana bantuan partai politik yang memiliki perwakilannya di DPRD setempat, Kamis (28/11), di aula kantor setempat.

Hasil pemilihan Legislatif 2019, di Way Kanan hanya 9 partai yang mendapatkan kursi di DPRD, dari sebelumnya10 Partai, yakni PPP yang tidak ada perwakilannya ya duduk lagi.
Kesembilan partai tersebut adalah Demokrat, Gerindra, PDIP, Hanura, Golkar, PKB, Nasdem, PAN, dan PKS.

Dalam sambutannya, Kepala Badan Kesbangpol Drs. Marson mengatakan, kegiatan ini merupakan sosialisasi dalam penggunaan anggaran bantuan partai yang akan dikelola oleh partai- partai yang memiliki keterwakilannya di DPRD. Mulai dari tahun 2019 hingga 2024 mendatang

“Ini pengajuan tahap kedua yang akan dikucurkan oleh pemerintah kepada partai politik, sebelumnya telah dilaksankan pada tahap pertama sebanyak 10 partai, dan sekarang tinggal 9 partai yang memiliki wakilnya di legislatif,” kata Marson.

Ditambahkan oleh Marson, menyelesaikan tunggakan yang sebelumnya, yakni pada tahun 2007 kebawah, yang telah tercacat sebagai temuan. Selain itu, dengan meningkatnya partisipasi pemilih yakni di tahun 2019 yang mencapai 80 persen, berdampak besarnya anggaran yang harus dibayarkan kepada partai politik.

Dimana untuk tahun ini, satu suara dinilai sebesar Rp. 3960, maka ditahun 2019 ini, terjadi kekurangan anggaran, yang harus dibayar tahun ini.

Adanya peningkatan partisipasi pemilihan 80 persen,, berdampak besaran penerima

Jumlhnya kecil tetapi anggaran per suara 3960/ suara, maka , ada kekurangan anggaran yang harus ditahunbsekarang. Dibayarkan angaran berikutinya.

“Walau jumlahnya kecil, namun dengan meningkatnya partisipasi pemilih, maka anggaran yang dibayar juga besar dibandingkan pada tahun yang lalu sebanyak 10 partai,”tegas Marson.

Sementara Kabid Poldagri, Oka Saputra, menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mensosialisasikan keuangan bantuan partai politik, mengingat bahwa anggaran untuk tahun 2019 ini meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya, karena berdasarkan sistim hitungan dari KPU.(narto)

Facebook Comments